Koperasi dan UMKM | 05-Sep-2022

Tips Pemasaran UMKM di TikTok

BUMIALUMNI.COM – Dunia telah berganti rupa, zaman modern terus melesat di hadapan kita, membawa serta perubahan substantif yang bersifat masif. Teknologi informasi telah menyatu di kehidupan individual, pun dalam tiap aspek sosial. Media sosial kini menjadi alat klaim atas sebuah eksistensi untuk diri ataupun proses penjualan produk demi memenuhi periuk nasi.


Sebut saja TikTok, salah satu platform yang kini digunakan banyak orang untuk segala hal kepentingan, bisnis, pemasaran, gaya, edukasi, bahkan urusan citra politik. Semua telah sadar untuk menggunakan media sosial sebagai alat memperluas jangkauan agar sampai ke masyarakat yang menjadi audiensnya. 


Pelaku UMKM dan media sosial juga tak bisa dipisahkan. Mereka memanfaatkan berkah teknologi untuk memenuhi kebutuhan penjualan produk. Berbagai ide kreatif telah dikeluarkan demi memperindah konten pemasaran. Head of Small Medium Business TikTok Indonesia, Pandu Truhandito Nitiseputro memberikan saran agar pelaku UMKM bisa menggunakan TikTok secara efektif guna meningkatkan penjualan.


Pandu memberikan tips agar semakin efektif menggunakan TikTok. Dilansir dari Suara.com, ia mengatakan jika penjualan di platform video pendek lebih berbeda dengan jualan offline. Di TikTok, katanya, “...content first, commerce later. Jadi, konten adalah hal utama. Nah, jualannya disisipkan tipis dalam kontennya.”


TikTok memiliki program bernama #MajuBarengTikTok untuk membantu mengembangkan digitalisasi UMKM. Pelaksanaan program tersebut agar sejalan dengan program pemerintah yang ingin membuat 30 juta pelaku UMKM masuk dalam lokapasar digital di 2023 nanti.


Lokapasar untuk UMKM


Selain TikTok, sekarang telah ada galeri digital untuk UMKM Indonesia. Sebagai upaya menyelaraskan tujuan pembangunan ekonomi nasional, saat ini PT Bumi Alumni Galeri telah mengembangkan sebuah lokapasar (marketplace) berbasis digital bernama Bumialumni.com. Platform tersebut berfungsi sebagai toko online untuk UMKM Indonesia dengan tampilan yang ringan dan didesain untuk memudahkan pembelian. 


Para pelaku UMKM yang telah teregistrasi di platform tersebut bisa mengelola galerinya sendiri, meski begitu platform Bumialumni.com tetap menjaga data pribadi pelaku UMKM (pelapak) yang telah teregistrasi. Selain menyediakan toko online dengan berbagai macam produk, Bumialumni.com juga menyediakan fitur-fitur pembayaran tagihan online seperti asuransi (BPJS Kesehatan, Prudential, AIA Finansial, Sinar Mas Insurance, dan Sinar Mas), pulsa (prabayar dan pascabayar), kuota/paket data, PDAM, token listrik, dan tagihan internet. Proses pembayarannya sangat mudah, cepat, harga relatif murah dan bersaing. (Ed/Barr)

Berita terkait

|

IKUTI MEDIA SOSIAL KAMI

Follow media sosial kami untuk mendapatkan produk terbaik, informasi, pengalaman menarik dan inspiratif.

SEKILAS

Kami adalah e-commerce hybrid, sebuah rumah untuk memasarkan produk UMKM Indonesia kualitas terbaik. Nikmati produk kuliner, fashion, kriya, minuman herbal, dan jasa. Juga rubrik Inspiring Life, Jurnal & Peraturan, Berita.

Copyright © 2023 | Powered by Bumi Alumni