Koperasi dan UMKM | 20-Aug-2023

MoU Kemenlu dan Kemenkeu UMKM Go Global


BUMIALUMNI.COM — Bangunan ekosistem menuju pasar global sedang terus dikondisikan oleh pemerintah. Beberapa waktu lalu, pengondisian itu dilakukan oleh dua kementerian yaitu Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Keuangan. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani melakukan penandatanganan MoU untuk mendukung diplomasi ekonomi Indonesia. Retno menegaskan bahwa salah satu fokus dari nota kesepahaman antara Kemenlu dengan Kemenkeu RI yaitu UMKM, untuk mendorong UMKM go global.


Salah satu fokus dari nota kesepahaman ini mengenai UMKM, untuk mendorong UMKM go global. Retno Marsudi mengatakan ada makna dari nota kesepahaman itu yaitu wujud dari Kemenlu dan Kemenkeu RI terhadap urgensi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan kebutuhan prioritas nasional; selain itu juga sebagai upaya memastikan bahwa diplomasi ekonomi Indonesia bisa berjalan menghasilkan manfaat yang nyata bagi rakyat. 


Baca juga:

"Di tengah situasi global yang sedang tidak baik ini, inilah yang harus kita lakukan," tuturnya kemudian.  Sementara itu, Sri Mulyani mengatakan penandatanganan MoU antara Kemenlu dan Kemenkeu RI menggambarkan upaya dua bestie untuk meningkatkan otot dan otak dalam diplomasi Indonesia.


"Karena kita semua tahu kalau bekerja bersama kita akan membawa kepentingan Indonesia secara jauh berdampak, ber-power dan berkredibilitas," ungkapnya saat berkunjung ke Kemenlu RI. Dia juga melihat bahwa Kemenlu dan Kemenkeu RI memiliki suatu keinginan yang sama dan kerja sama menjadi suatu keniscayaan di berbagai hal. (Ed: Barr)

Berita terkait

|

IKUTI MEDIA SOSIAL KAMI

Follow media sosial kami untuk mendapatkan produk terbaik, informasi, pengalaman menarik dan inspiratif.

SEKILAS

Kami adalah e-commerce hybrid, sebuah rumah untuk memasarkan produk UMKM Indonesia kualitas terbaik. Nikmati produk kuliner, fashion, kriya, minuman herbal, dan jasa. Juga rubrik Inspiring Life, Jurnal & Peraturan, Berita.

Copyright © 2023 | Powered by Bumi Alumni