Koperasi dan UMKM | 24-Apr-2024

Pentingnya Simbiosis UMKM dengan Potensi Desa


BUMIALUMNI.COM – Keterhubungan dalam sebuah ekosistem penting bagi usaha mikro, kecil, dan menengah agar daya kembangnya terus membesar. Selain pengondisian kebijakan yang berpihak pada UMKM, hal penting lainnya adalah sinergi antara potensi desa dengan pengembangan UMKM. Penguatan desa memang sedang digarap oleh pemerintah dengan ambisi penguatan ekonomi nasional dari pedesaan. Ekosistem pedesaan jika dimanfaatkan dengan baik dan benar maka bisa memberikan kontribusi besar bagi suplai bahan baku produksi UMKM. Keterhubungan inilah yang diwacanakan oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dimana perlu ada sinergi dengan pemanfaatan berbagai potensi di pedesaan. Hal ini penting dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sektor UMKM dan sejumlah potensi yang ada di pedesaan harus disinergikan pengembangannya sebagai bagian dari upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional," kata Lestari. Di sisi lain, Kementerian Koperasi dan UKM memproyeksikan pertambahan pelaku UMKM pada tahun 2034 mencapai 83,3 juta pengusaha yang mampu berkontribusi bagi perekonomian Indonesia. Potensi di desa sendiri terlihat besar seperti sumber daya pangan, pariwisata, industri kreatif, pertanian, dan kearifan lokal, harus bisa dimanfaatkan dan dikembangkan melalui skema UMKM.

Tentu selain potensi ekonomi, sinergi itu diharapkan bisa menyerap tenaga kerja dan bahan baku pertanian dengan catatan pelaku UMKM mendapatkan bahan langsung dari petani, tak melalui perantara yang biasanya membuat harga melambung. Dari sinilah proyeksi membangun Indonesia dari pedesaan bisa terlihat nyata. Dari proses keterhubungan itu kemudian mampu memunculkan program pendukung seperti literasi keuangan, pemasaran kreatif, dan transisi digital.

Baca juga:

Platform Digital Khusus UMKM

Di tengah arus digitalisasi, sekarang telah ada galeri digital untuk UMKM Indonesia. Sebagai upaya menyelaraskan tujuan pembangunan ekonomi nasional, saat ini PT Bumi Alumni Galeri mengembangkan sebuah lokapasar berkonsep b-to-b berbasis digital bernama Bumialumni.com. Platform tersebut berfungsi sebagai galeri produk UMKM Indonesia dengan tampilan yang ringan dan didesain untuk memudahkan konfirmasi pemesanan produk.

Para pelaku UMKM yang telah teregistrasi di platform tersebut bisa menginput deskripsi produknya di galeri online Bumialumni.com. Selain menyediakan galeri online produk UMKM, Bumialumni.com juga menyediakan fitur-fitur pembayaran tagihan online seperti asuransi (BPJS Kesehatan, Prudential, AIA Finansial, Sinar Mas Insurance, dan Sinar Mas), pulsa (prabayar dan pascabayar), kuota/paket data, PDAM, token listrik, dan tagihan internet. Proses pembayarannya sangat mudah, cepat, harga relatif murah dan bersaing. Para pelaku UMKM bisa melakukan pendaftaran secara gratis di platform tersebut. 

Keuntungan Bergabung Dalam Bumialumni.com

Go digital yang sedang digencarkan pemerintah memiliki tujuan agar pelaku UMKM bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya menjadi besar. Dengan bergabungnya pelaku UMKM dalam platform digital maka akan mendapatkan manfaat berupa (a) bisa terhubung dengan konsumen dan pasar tanpa sekat jarak dan waktu, (b) memudahkan dan mempercepat pemasaran barang/jasa, (c) menambah pasar potensial untuk meningkatkan penjualan, (d) masuk dalam pangkalan data/database UMKM Indonesia, (e) memudahkan penyebaran informasi, (f) efektif dan efisien serta, (g) memiliki kesempatan ikut pelatihan-pelatihan peneingkatan kapasitas. (Ed:Barr)

Berita terkait

|

IKUTI MEDIA SOSIAL KAMI

Follow media sosial kami untuk mendapatkan produk terbaik, informasi, pengalaman menarik dan inspiratif.

SEKILAS

Kami adalah e-commerce hybrid, sebuah rumah untuk memasarkan produk UMKM Indonesia kualitas terbaik. Nikmati produk kuliner, fashion, kriya, minuman herbal, dan jasa. Juga rubrik Inspiring Life, Jurnal & Peraturan, Berita.

Copyright © 2023 | Powered by Bumi Alumni